Minggu, 10 November 2013

Duta Museum Negeri Sumut , Nuri Yunita Hasan Nasution


“ Gaet Komunitas Anak Muda Promosikan Museum”
 
Gadis kelahiran Padang Sidempuan 5 Juni 1993 ini, awalnya tidak pernah terbayangkan akan menjadi Duta Museum Sumatera Utara, namun kecintaan nya terhadap sejarah dan kebudayaan  Indonesia, mengantarkan dirinya menjadi Duta Museum Sumatera Utara untuk terus mempromosikan Museum kebanggaan masyarakat Sumut ini sekaligus menggandeng para anak muda untuk mau belajar dan mencintai sejarah Indonesia.
Dara cantik ini pun tanpa sungkan sungkan menceritakan bahwa dirinya merupakan duta pertama Museum Negeri Sumatera Utara yang berhasil mengikuti seleksi yang di selenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, setelah lolos mewakili Sumatera Utara, dirinya pun di karantina di Jakarta bersama Duta Duta provinsi lain untuk di berikan pelatihan dan pendidikan seputar sejarah dan kebudayaan Indonesia yang di promosikan lewat museum. setelah keluar dari masa karantina, pada Januari 2013, Nuri Yunita Hasan Nasution akhirnya secara resmi di nobatkan sebagai Duta Museum Negeri Sumatera Utara

Kecintaan nya terhadap museum bukan lah sebagai ajang pamer semata, namun sejak lahir bakat untuk senang segala hal yang berbau sejarah dan kebudayaan memang sudah mengalir sejak kecil, sehingga setelah tamat Sekolah Menengah Atas (SMA), dirinya memutuskan untuk melanjutkan studinya di bangku kuliah dengan mengambil jurusan Sejarah di Universitas Negeri Medan (Unimed)
“ Saya dari kecil memang suka segala hal tentang kebudayaan, sejarah makanya, saya ambil kuliah Sejarah di Unimed” kata Nuri mahasiswa semester V ini di Museum Negeri Sumut dalam acara Pameran Potret Budaya Masyarakat Sumut .
Kecintaannya terhadap sejarah kebudayaan Indonesia juga di dukung penuh oleh orang tua, sahabat bahkan dosen di kampus, sehingga tugasnya menjadi Duta Museum menjadi lebih mudah serta tidak menganggu aktivitas belajarnya di kampus, karena mudah di berikan izin. Adapun tugasnya selama menjadi Duta Museum Negeri Sumut adalah memasyarakatkan museum sehingga dapat di kenal dengan mudah oleh masyarakat.
“ Tugas saya memasyarakatkan museum, terutama kita mengajak komunitas komunitas anak muda untuk bergabung mempromosikan museum Negeri Sumut ini ” ucap anak terakhir dari empat bersaudara ini.
Adapun hasil dari kinerjanya sebagai Duta Museum Negeri Sumut, telah banyak komunitas anak muda yang turut bergabung antara lain , komunitas Medan Reenactors, Medan Heritage, Sepeda Ontel, dan lain lain. Dirinya juga bersama tim promosi museum selalu keluar kota untuk mengunjungi sekolah sekolah yang ada di daerah, membuat seminar dan pameran kebudayaan untuk mengenalkan museum.
“ Dari kinerja kita selama ini berharap, agar museum menjadi tempat yang lebih ramah, karena museum merupakan miniatur sosial dan budaya di Indonesia yang dapat kita pelajari di Museum dengan mudah,  karena ada bentuk fisiknya ” kata mahasiswa yang hobinya travelling ini
Selain itu, hasil yang dapat di banggakan oleh Museum Negeri Sumut ini, setiap harinya selalu ramai di kunjungi oleh anak anak sekolah dan setiap tahunya terjadi peningkatan dalam jumlah pengunjung. Rholand Muary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Sumut Paten” dalam Analisa Wacana Kritis

Sumut Paten, kini sudah menjadi jargon politik dan ciri khas dari Gubernur Sumatera Utara, Ir. HT. Erry Nuradi, M.Si. Dalam berbaga...